Memperpanjang daya hidup laptop/notebook


Tidak sedikit orang yang mengeluh dengan daya tahan hidup sebuah laptop/notebook dalam kondisi mobile. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin berguna dan dapat diterapkan pada laptop/notebook kalian untuk dapat memperpanjang daya hidupnya.

1. Setting Power Management


Aktifkan Power Saver untuk memperlambat kinerja prosesor hingga setengahnya. Imbasnya, konsumsi daya laptop/notebook akan menurun.
Selain itu, setting power menagement juga mempunyai beberapa pilihan seperti mematikan layar, masuk mode hibernate, mematikan hard disk dan lain sebagainya bila laptop/notebook tidak digunakan dalam kurun waktu beberapa lama.

2. Memperbesar Kapasitas Memory (RAM)


Hal ini untuk mengurangi terjadinya pengaktifan virtual memory ke hard disk. Daya hard disk ketika melakukan putaran penuh akan lebih memakan daya dibandingkan dengan sebuah RAM atau memory.

3.Melakukan Defrag System


Proses Defrag akan mempercepat waktu baca hard disk. Hal ini akan membuat hard disk bekerja dengan lebih efisien dan kalian dapat membuka aplikasi dengan lebih cepat.

4. Menurunkan Kontras


Menurunkan kontras layar laptop/notebook akan mempengaruhi daya tahan hidup laptop/notebook. Kalian dapat menurunkan pada setting yang masih nyaman di mata. Biasanya, konfigurasi kontras layar sudah ada dalam setting Power Management. Namun bila kalian kurang nyaman , kalian dapat menaikkan kontras beberapa level.

5. Mematikan proses/program yang berjalan di background

Semakin banyak proses/program yang berjalan di background, semakin cepat pula baterai terpakai. Untuk itu, lebih baik matikan saja aplikasi yang berjalan di background. kalian dapat mematikan proses/program di background ini melalui "Run > msconfig" lalu pilih tab "startup". Namun pilihlah program yang akan dimatikan dengan bijak dan hati-hati.

6. jangan tinggalkan CD/DVD di dalam Optical drive


Sering kali kita lupa untuk mengeluarkan CD/DVD dari Optical Drive. Hal ini kn membuat optical drive tetap memasok listrik untuk perangkat tersebut. Bahkan, laptop/notebook terkadang akan memutar optical drive tanpa kita perintahkan. Hal ini cukup mengurangi daya batrai.

Post a Comment